Seputar Peradilan

“SEKALI MENDAYUNG DUA TIGA PULAU TERLAMPAUI”

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampuai istilah ini tepat sekali untuk rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat di bulan februari 2018 ini.

Tanggal 21/22 Februari 2018, Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat telah melaksanakan 4 kegiatan secara maraton antara lain : Pelepasan Purna bhakti 3 (tiga) orang Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, Musyawarah Cabang (Muscab) IKAHI Cabang PTA Jawa Barat, Diskusi Hukum IKAHI Cabang PTA Jawa Barat dan Rapat Koordinasi dengan Pimpinan Pengadilan Agama se-Jawa Barat.

Pelepasan Purna Bhakti Hakim Tinggi

Rabu 21/02/2018 Pukul 09.30 WIB bertempat di Ruang Aula PTA Jawa Barat dilaksanakan Acara Pelepasan Purna Bhakti 3 (tiga) orang Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, antara lain : Drs. H. Sumitra, SH, MH (TMT Pensiun 01-02-2018), Drs. H. Taufik Ismail, SH. (TMT 01-02-2018) dan Dr. H. Nurcholis Syamsuddin, SH, MH. (TMT. 01-03-2018), yang dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi dan Pegawai PTA Jawa Barat.

1perpisahan

 

2perpisahan

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Hakim yang purna bhakti atas pengabdian dan jasa-jasa yang telah diberikan untuk negara khususnya pengabdian di Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, karena PTA Jawa Barat berprestasi dan dapat melaksanakan Tupoksinya dengan baik tentu tidak terlepas dari kiprah dan kerja kerasnya Bapak-bapak Hakim yang purna bhakti pula. Di akhir sambutannya Ketua PTA Jawa Barat menyampaikan permohonan maaf dan iringan doa semoga Hakim Tinggi yang Purna Bhakti dapat terus berkiprah di masyarakat, diberikan umur panjang dan sehat walafiat.

3perpisahan

4perpisahan

            Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata dari Kantor Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan Pegawai, dan pemberian ucapan selamat serta poto bersama.

MUSCAB IKAHI CABANG PTA JAWA BARAT

Masih di hari yang sama, Rabu 21/02/2018 Pukul 14.00 WIB Dengan berakhirnya masa kerja pengurus IKAHI Cabang PTA Jawa Barat Periode 2014-2017, IKAHI Cabang PTA Jawa Barat, bertempat di Ruang Aula PTA Jawa Barat menggelar acara Musyawarah Cabang IKAHI Cabang PTA Jawa Barat, yang dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat untuk memilih Pengurus Cabang IKAHI yang baru Periode 2018 – 2021.

Musyawarah Cabang IKAHI Cabang PTA Jawa Barat yang dipimpin oleh Drs. H. Ahmad Choiran, MH (Hakim Tinggi), akhirnya berdasarkan hasil vooting anggota IKAHI yang hadir menghasilkan Ketua IKAHI Cabang PTA Jawa Barat terpilih yaitu Drs. H. U Wanudin, SH, MH. Hakim Tinggi PTA Jawa Barat yang lahir di Sukabumi, 04-07-1959.

 5perpisahan

Dari kiri Pimpinan Muscab (Drs. Ahmad Choiran, MH) dengan Ketua terpilih Drs. H. U. Wanudin, SH, MH.

Ketua Terpilih dengan didampingi oleh 2 orang Hakim Tinggi Drs. H. Ahmad Choiran, MH dan Drs. H. Tata Sutayuga, SH, MH. ditunjuk sebagai Tim Formatur yang bertugas merumuskan susunan kepengurusan IKAHI Cabang PTA Jawa Barat Periode 2018-2021.

DISKUSI HUKUM           

            Kamis, 22/02/2018 Pukul 09.00 WIB bertempat di Aula PTA Jawa Barat IKAHI Cabang PTA Jawa Barat menyelenggarakan Diskusi Hukum tentang Multi Akad dalam Prespektif Ekonomi Syariah Kontemporer, dengan Tema : Dengan Diskusi Hukum kita Tingkatkan Profesionalisme Hakim Peradilan Agama di wilayah PTA Jawa Barat. Diskusi Hukum tersebut dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Tinggi PTA Jawa Barat, Ketua, Wakil Ketua dan perwakilan satu orang Hakim dari masing-masing Pengadilan Agama se Jawa Barat.

            Bertindak sebagai Nara Sumber Ketua MUI Profinsi Jawa Barat/Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. H. Rahmat Syafei, Lc,, Dewan Pengawas Syariah Nasional/Dewan Pengawas Bank Syariah Mandiri Dr. H. Mohammad Hidayat, M.BA, dan Hakim Tinggi PTA Jawa Barat Dr. H. Nurcholis Syamsudin, SH, MH.

 6perpisahan

Materi yang disampaikan oleh ketiga nara sumber tersebut, masing-masing berjudul :

  1. Multi Akad Dalam Prespektif Fiqh;
  2. Hybrid Kontrak Dalam Ekonomi Syariah.
  3. Transaksi Multi Akad dan Pembuktiannya.

          Acara Duskusi Hukum dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat selaku Pembina IKAHI Cabang PTA Jawa Barat. Dalam sambutannya KPTA Jawa Barat menyampaikan Acara Diskusi Hukum ini merupakan momen penting yang perlu terus dikembangkan dalam rangka memupuk profesionalisme hakim Peradilan Agama terutama dalam menyelesaikan perkara Ekonomi Syariah yang merupakan kewenangan baru kita yang tertuang dalam Pasal 49 Undang Undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang perubahan kedua atas Undang Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.

            Peserta Diskusi Hukum sangat antusias terhadap materi yang disampaikan oleh para nara sumber, dengan penyampaian beberapa pertanyaan yang lontarkan peserta kepada para nara sumber.

7aperpi        Dok Kegiatan Diskusi Hukum 22/2/2018.

 7perpisahan   8perpisahan

RAPAT KOORDINASI

Hari Kamis, 22/2/2018 Pukul 13.30 WIB acara dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Hakim Tinggi PTA Jawa Barat, Pejabat Struktural Fungsional PTA Jawa Barat dan Pimpinan PA se Jawa Barat (Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris);

            Rapat Koordinasi dipimpin oleh Ketua PTA Jawa Barat dan didampingi Wakil Ketua dan Sekretaris PTA Jawa Barat.

9perpisahanDok/Rakor 22/2/2018.

            Materi yang disampaikan dalam Rapat Koordinasi tersebut antara lain : Sosialisasi hasil Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Badilag tanggal 6 dan 7 Februari 2018 di Hotel Santika Bekasi, Masalah Agenda Pengawasan ke Daerah dan Perubahan Kebijakan dan tekhnis pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) jilid II. Masing-masing materi tersebut disampaikan oleh Ketua PTA Jawa Barat, Wakil Ketua dan Sekretaris PTA Jawa Barat.

            Rapat Koordinasi berakhir pada pukul 16.00 WIB dan kemudian ditutup.

Dok IT PTA Jabar/Noer